Pages

Sabtu, 05 November 2011

SUARA MAHASISWA, Pentingnya Pertukaran Mahasiswa Asean

Beberapa waktu lalu penulis mengikuti program pertukaran mahasiswa yang digagas oleh tiga negara ASEAN, yaitu Malaysia, Indonesia, dan Thailand.
Program ini merupakan bentuk kerja sama pertukaran mahasiswa pertama yang digagas oleh beberapa negara ASEAN,bernama Malaysia-Indonesia-Thailand (MIT) Exchange Student Program.Ini adalah suatu program pertukaran mahasiswa yang menarik dan memiliki tujuan yang visioner. Mungkin bagi mahasiswa Indonesia, mencicipi dunia pendidikan negaranegara ASEAN terlalu kecil rasanya dibandingkan kesempatan mencicipi pendidikan di Eropa atau Amerika. Pada KTT ASEAN Ke-18 di Indonesia pada 7–8 Mei 2011 lalu telah disepakati pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015 yang akan menghapus hambatan nontarif dalam perdagangan antarnegara ASEAN.


Hal ini tentu akan menyebabkan arus perpindahan barang dan jasa maupun tenaga kerja antarnegara ASEAN semakin deras. Semakin terintegrasinya bangsa-bangsa ASEAN juga berdampak pada semakin tingginya kebutuhan akan pemahaman terhadap karakteristik negara masing-masing. Pertukaran mahasiswa ASEAN adalah satu langkah awal untuk mempelajari karakter tersebut agar Indonesia tidak hanyut dalam persaingan nantinya. Ada satu hal yang sebenarnya penting tetapi sering terlupakan oleh bangsa ASEAN. Harus ada kesadaran bahwa kita adalah bangsa satu region yang senasib sepenanggungan, bangsa yang serumpun dan memiliki kedekatan sejarah dan budaya yang erat.
Kesadaran bahwa kita adalah satu bangsa, yaitu bangsa ASEAN, harus ditumbuhkan di kalangan masyarakat ASEAN, terutama mahasiswa. Oleh karena itu, Indonesia, sebagai salah satu negara yang selalu menjadi garda terdepan ASEAN harus menggalakkan program pertukaran mahasiswa ASEAN ini.MITExchange Student Program merupakan salah satu langkah awal yang cukup baik.Indonesia pun juga harus terus-menerus memperbaiki kualitas pendidikan dan kemudahan birokrasi keluar dan ke dalam negaranya agar kegiatan pertukaran tersebut dapat berjalan dengan semakin lancar.
Ke depannya semoga negara-negara ASEAN yang lain dapat dirangkul untuk ikut berpartisipasi dalam program pertukaran ini.Kebanggaan belajar di negara ASEAN adalah sesuatu yang harus ditumbuhkan pertama kali agar mahasiswa tidak enggan untuk mengikuti pertukaran tersebut.
ASEAN adalah bangsa yang bermartabat dan kaya akan potensi yang tidak kalah dengan negara lain di Eropa atau Amerika Serikat. Mari tumbuhkan perasaan bangga sebagai bangsa ASEAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar